Theme Preview Rss

Matematika Matimatian Jaman SD

Pada postingan berantai bersama teteh Viera yang nomer 6, di situ ditulis kalo gua teh telmi banget dipelajaran itung-itungan alias matematika. Iyeh, gua mah ngaku dah, tapi da gua bukannya gak berusaha. Gua berjuang keras buat MATEMATIKA, I die for MATEMATIKA, rupanya memang gak nyambung kali otak gue sama yang begituan jadi ya sudahlah.

Tapi gua pengen merekap perjuangan gua dari jaman SD sampe jaman SMU ketika gua bertemu dan harus berjuang keras menaklukan tuh pelajaran. Kalo diinget lagi ya lucu juga sih, mengingat betapa telminya gua ini kekekeke.
Pendahuluan cerita dimulai dari kedua orangtua si ratu biawak yang berlatar belakang jago itung-itungan. Babeh gua seorang ahli Kimia (salahsatu pelajaran paling gua benci waktu SMU), dan emak gue juara Aljabar jaman SMU. Fakta salahsatu anaknya yang kagak pinter ngitung semakin memperkuat teori bahwa negatip kali negatip sama dengan positip alias percampuran itu menghasilkan sesuatu yang justru berbeda 180 derajat dari aslinya.

Lain lagi ya ceritanya kalo positip kali positip, itu mah ga berlaku buat gue ahahaha. Salah satu genetik yang diturunkan emak gue hanyalah "tukang maen game" doang..(PS : saat blog ini ditulis -jam 1 malem-emak gue lagi main ZUMA, dia main dari jam 9, penasaran soalnya gak beres2 dari level 12 hihihihi)

Dan gua gak tau kenapa, nih enyak babeh gue orang yang lil bit crazy about science. Jadi mereka udah menerapkan program "AKU CINTA SCIENCE SEJAK DINI"..eugh!

Salah satu program itu misalnya, waktu SD, babeh gua yang galak tiap hari ngetes satu persatu anaknya buat ngapalin perkalian (ini bukan program kali com, emang keharusan!!) Nah kalo gak apal siap-siap nangis bombay! Satu kali satu sama dengan satu *nelen ludah sebentar, satu kali dua sama dengan dua *muter-muterin mata <--gaya anak SD abis

Nah, gua gak apal tuh perkalian 9, otomatis yah tiap malem berarti gua ceurik kena marah babeh gue!! walaupun kakak gue yang waktu itu udah apal banget perkalian, kalau adik-adiknya belum hapal dia ikut di tes juga tiap hari dan ikut di marahin..ihihihi. Sampai akhirnya gua bertekad untuk nyari cara lain buat gak ngapalin perkalian 9.

Setelah 2 hari nyari cara, akhirnya ketemu juga. Perkalian 9 itu perkalian yang paling bagus polanya, jadi gua cuma ingetin pola-nya aja bukan inget hasil perkaliannya. Dan Cara itu dilakuin sampe sekarang. Makanya jangan heran kalo gua ditanya perkalian 9, gua masih keliatan mikir-mikir gitu ehehehe..

Nah akhirnya tes perkalian oleh babeh gue walaupun dengan terbata-bata akhirnya gua lulus tes!! yes!! tes paling mengerikan seumur hidup gua ya, tes yang dikasih sama babeh gue itu kekekee. Dan berhasilnya gua menandakan kami (gua, abang gue, kakak gue) siap melangkah ke tes yang lebih besar, tes apakah itu???

TES ALJABAR OLEH EMAK GUE!!!

Bayangin siah, anak SD udah dicekokin Aljabar,gila! ya walaupun aljabar sederhana, tetep weeee. Anak SD tuh harusnya dicekokin Sailor Moon, Time Quest (teko ajaib), Yoici Ajioshi yang jago masak dan sederetan kartun favorit lainnya, bukan matematika aneh itu.

Emak gua dengan sabar ngajarin dasar-dasar aljabar setiap hari, tapi yang ngerti cuma kakak gua doang, gua tetep ngebuka mulutnya ngeces-ngeces ala Patrick soalnya gak ngerti banget. Emak gue udah mencoba ngajarin nih aljabar dengan ngasih sedikit imajinasi ala anak-anak. Yang paling gua inget tuh dia sering banget menganalogikan aljabar sederhana dengan terminal dan roda kendaraan bermotor.TAPI TETEP AJA YA yang namanya telmi mah ya telmi aja. Gua tetep gak ngerti.

Nih Emak gua kan paling sebel sama orang yang telmi matematika, nah ngeliat anaknya yang telmi dia suka kesel "Masa sih kamu gak bisa? dulu mamah jaman SD udah ada pelajaran Aljabar tau!"

Maygat,,untung gua gak lahir jaman emak gue!!Bisa-bisa gue ga lulus cuma gara-gara pelajaran aljabar doang.

Sampai beres kelas 6, gua tetep ga ngerti tuh aljabar, enggg...yang paling bikin ga ngerti sih ya gimana menerjemakan sebuah soal kedalam sebuah bahasa matematika yang akhirnya diotakatik terus ketemu deh jawabannya. Nah disitulah letaknya otak gua gak pernah nyambung sama matematika. Gua gak ngerti bahasa matematika!!!!

Emak gue akhirnya merelakan gue untuk belajar buat persiapan ujian nasional yang waktu itu namanya Ebtanas karna waktu itu udah mepet-mepet ujian nasional. OH THANKS GOD!!tapi emak gue berjanji bakal meneruskan ni pelajaran habis gue ujian. HADOOOHHH...

Persiapan buat ujian nasional khususnya buat matematika, gua teh belajar mati-matian gitu ya, biar emak gue entar kagak malu, masa juara matematika jaman SMU anaknya malah telmi matematika???kekeke..

Soal matematika jaman SD, pasti gak asing dong dengan yang namanya jadi tukang  ledeng alias ngitungin volume air di dalam bak. Sebuah bak berukuran sekian sekian sekian, berapakah volume air jika bak itu berisi penuh? begitu kira-kira soalnya.

JAWAPAN gue di kertas ujian :
dik : p = x, l = y, t = z
dit : v
jawab : ni bahan baknya dari apa? keramik? v = gak akan penuh2 soalnya bocor
semennya pake berapa banyak? kalo banyak berapa tebelnya tuh semen
baknya diisi ikan gak? kalo diisi gede apa kecil ikannya?

Dengan jawaban bagian esai itu menambah kepedean gue kalo gue pasti bakal sukses dapet nilai bagus di matematika. Akhirnya pembagian NEM akhirnya tiba. Dan yu know what??? nilai matematika gue jorek! ahahahaha..padahal asa pede gitu ngerjainnya. Nah yang lebih bikin sebel ya, nilai gue yang paling gede justru di pelajaran aneh bin ajaib, PPKn!! 

Dengan supernya nilai PPKn gua itu menandakan bahwa emang ya gua teh lebih jago ngibul daripada jadi tukang bikin hipotesis.

Tapi untungnya gua masih dinyatakan lulus SD walaupun mungkin ditandain "sedikit gila". Dan akhirnya gue masuk SMP dengan pelajaran matematika yang lebih "NENDANG".Tentu saja dengan bekal otak gue yang cuma nyampe perkalian 8, gua ketarketir apa gua bisa lulus SMP dengan mulus????

Tunggu cerita selanjutnya di Matematika Matimatian Jaman SMP yaaaahh...

0 comments:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...