Theme Preview Rss

Pengamatan Oncom : Facebookers' Sneak Peak

Ibu Oncom mau ngaku sedikit tentang keberadaan fakebook ibu Oncom. Ehehehe yes fakebook situs jejaring sosial yang menguncang dunia ntuh. Baiklah pengakuan ibu Oncom adalah : Fakebook ibu oncom teh buanyak dan hampir semua palsu!! huehehehe..itulah mengapa disebut fakebook karna memang sebagian account-accountnya palsu. 

Terus ngapain sih banyak-banyak fakebooknya? eennngg..awalnya sih tu fakebook emang dibikin buat mainan, maksutnya buat main game (terutama main poker). Tapi rasa iseng ples pengen tau kapan sih "jam-jam" orang aktif buka fesbuk dan main internet, kalo bahasa olang-olang mah sneak peak gitu, akhirnya ibu oncom mencoba-coba suatu pengamatan.

Caranyooo (cieh gaya amit) :
1. Ibu Oncom punya 5 fakebook, lebih sih sebenernya, tapi akhirnya 5 doang yang dipake buat percobaan. Masing-masing dari fakebooknya itu mewakili suatu komunitas. Ada fakebook yang isi temen-temennya orang-orang yang suka main MW (Mafia Wars) doang, ada yang temen-temennya yang suka main Poker doang, ada yang cuma freak Point Blank, ada yang isinya blogger semua, plus satu fakebook gue yang asli yang mungkin isi temen-temennya itu orang-orang yang sudah bekerja atau berumah tangga.

salah satu fakebook ibu oncom dengan komunitas pemaen Zynga poker
2. Nah dari kelima fakebook itu, ibu oncom meng-share link postingan blog. Ya itung-itung sekalian promosi ehehehehe. Waktu dan jamnya dibeda-bedain setiap hari, tapi share nya hampir berbarengan (karna habis dari fakebook satu pindah ke fakebook lain).

3. Habis itu liat di di statistik bagaimana perubahannya. Diamatin selama sebulan.

Ya walau cuma sebulan, kali dianggap kurang, tapi di dapat hasil pengamatan ibu oncom. Ya ente-ente boleh menganggap ini guyonan belaka deh soalnya pasti ga akan percaya hasil pengamatan dari ibu oncom otak cetek (idiiihh si oncom sok-sokan ngamatin), atau boleh juga dijadikan bahan pertimbangan (buat para internet marketer). Begini hasil pengamatannya :

1. Jam 3-an ampe magrib banyak kunjungan yang datangnya dari fakebook yang temen-temennya orang-orang Point Blank. Berarti orang-orang yang suka main point blank (atau game online lainnya yang ga berbasis fakebook) mereka aktif melanglangbuana di internet jam-jam segini. 

Bisa dipahami, karna kebanyakan yang suka main gini anak sekolahan, dan jam segitu jam-jam mereka pulang sekolah, pulang les, pulang ngaji, dsb.

2. Jam 11 malem-subuh, kunjungan banyak datang dari fakebook prajurit Poker. Yoai, orang-orang Poker emang kalong-kalong!

3. Jam magrib-10 malem, kunjungan banyak datang dari fakebook asli ibu oncom, terus menariknya lagi, kalo diliat sumber URLnya gini http://m.fakebook/blababa. Tanda "M" di depan fakebook itu artinya "mobile" kan?? berarti pada akses dari mobile yang (bisa jadi) menandakan mereka sedang diperjalanan.

Bisa dipahami, temen-temen ibu oncom kan kebanyakan udah pada kerja tuh, jam segitu jam-jam mereka pulang ngantor. Daripada bete di jalan, apalagi yang naek kereta, pasti ngusir bete-nya itu dengan buka fakebook dari hp-nya yang pada canggih-canggih.

4. Buat kunjungan fakebook prajurit MW ama fakebook blogger, bener-bener gak tentu, ga ada sneak peaknya, atau emang belum keamatin sama ibu oncom. Hmmm..kalo prajurit MW bisa dingertiin, sebab dalam sehari mereka bisa ngebuka MW (yang berarti fakebook) beberapa kali, tergantung energy-stamina-health-nya udah keisi lagi atau belum.

Kalo buat fakebook blogger? hmmm..nampaknya para blogger ini emang lebih suka ngebuka blognya daripada fakebooknya. Blogwalking sambil ngisi-ngisi komen (lumayan dapet backlink). Wah ga tau deh, kayaknya sih begitu.

5. Ini gak berlaku kalo pas wiken, atau libur panjang. Semua jam di hari-hari itu bisa jadi sneak peak. Traffic menggunung. Wah emang wiken ama liburan menghibur kebanyakan orang! Makanya itu saran gue sama yang buat kalender libur: banyakin libur atuhlah!!!pasti semua setuju..iya kan iya kan??

Hmmm..ini berarti kalo gua punya produk "game online" kalo mau promosi-in produk gue lewat fesbuk, paling optimal di jam-jam 3-magrib.
Kalo punya produk buat orang-orang kerja kantoran paling optimal jam magrib-10 malem. Dan lain sebagainya sebagainya sebagainya.

Ini berlaku juga kayaknya kalo mau promosi blog di facebook. Hmmm..berarti jam 3 gua harus ngebuka FB si tukang main point blank, jam magrib FB yang asli, dan sterusnya-seterusnya seterusnya..

Baiklah kawanan biawak! segitu dulu aja deh pengamatan ibu oncom. Yakin sih elo-elo pada bilang "Ihh baru tau ya luuu??kemana aja lu?" EHEHEHEHE..ya sudah..ibu oncom mau buat percobaan lain aaahhh...

0 comments:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...