Theme Preview Rss

E-gold Digger


E-gold digger. Apaan tuh com? ehehehe..iye pasti lu-lu pada ga ngerti apaan ni maksut kata-kata..ya iyalah orang ni kata-kata gua karang-karang sendiri. Tapi ya sudah, gua jelaskan maskut ni kata-kata.

E-gold digger adalah para pencari uang lewat internet. Blogger, e-commercer, freelancer, stocker masuk dalam kategori ini. Nah apa pula itu blogger, e-commercer, freelancer, stocker??

Hahaha itu juga sebagian gua karang-karang sendiri. Gua juga ga tau persisnya apa, maklum gua ga apdet sih. Sebagian penjabaran juga mungkin ngacok, tapi biarin aja deh. Untungnya gua bukan siapa-siapa, kalo gua anggota DPR terus studi banding ke australia, kali ni blog gue udah dilempar sendal. (komisidelapan et yahoo dot com, komisi delapan et yahuu dot kom, emang apa salahnya sih pake email gratisan? kan murah, biarin atuhlah, daripada nanti ada anggaran buat bikin e-mail resmi, pasti anggarannya gede! ngabisin duit lagi deeh)

Ini penjabaran dari neng kokom yang ansos lagi gaptek :

Blogger itu mungkin udah pada gak asing. Mereka yang suka menulis mungkin bisa dapet penghasilan dari blog yang mereka tulis. Bisa jadi blognya jadi buku, atau bisa jadi karena traffic-nya yang tinggi orang pada pengen pasang iklan di blognya, dan jadilah duit.

E-commercer, itu orang yang suka jualan di internet. Boleh jadi yang cuma jadi biong. Pokonya jual-beli gitu kali yaaa. Ini udah jelas juga pasti jadi duit.
Freelancer itu orang-orang yang punya keahlian tertentu yang jual keahliannya. Ini bisa macem-macem mulai dari nulis, bikin lagu, bikin gagambaran, jeung sajabana. Dan dari satu keahlian itu bisa dibagi-bagi lagi. Kayak yang suka bikin gambar, bisa jadi graphic-artist freelancer, illustration frelancer, 3d-artist freelancer, macem-macem deh pokonya. Bisa jadi duit, kalo dia menyelesaikan suatu project yang ditawarin dari internet.

Stocker itu mungkin hampir sama kayak freelancer, tapi bedanya dia udah bikin karyanya diawal, orang yang punya project tinggal cari-cari ajah mana karya yang tepat buat projectnya terus donlot deh. Jadi, duit karna setiap orang yang donlot lu dapet royalti.

Menurut gua sih dunia maya ini menarik, banyak orang yang bilang e-gold digger itu gak jelas. Namanya juga nyari duit di dunia maya, jelas-jelas duitnya juga maya! Tapi, menurut ramalan mama lorencom, ini bakal jadi trend nantinya. Dimana orang-orang udah pada jenuh buat ngabisin waktu dijalan, dimana orang udah susah membagi waktu antara rumah dan kantor.

Keliatannya enak ya, kerja dirumah, kayaknya santai. Tapi percayalah, e-gold digger juga butuh kerja super- extra keras diawal-awal. Para blogger harus ekstra keras ngasilin karya yang orisinil dan ningkatin traffic. Para stocker harus ekstra keras ngasilin karya yang detail dan ngegendutin portonya. Para freelancer harus extra keras bidding + sikut-sikutan merebutin project yang saingannya bukan satu propinsi ajah, tapi orang-orang diseluruh dunia!

Ada cerita bagus dan mungkin inspiratif dari seorang temen gua yang udah sukses jadi photo-stocker. Dia gua bilang berhasil karna tiap bulan bisa nerima paling sedikit sekitar 300 USD sebulan dari royalti hasil donlotan orang-orang atas karya fotonya. Wew, ongkang-ongkang kaki, tidur nyenyak aja dapet 300USD sebulan! Tapi yah, itu buah karya dia selama hampir 1,5 taun kerja keras buat ngehasilin foto-foto yang menarik.

Gua liat dia pas udah jadi dia yang sekarang. Di fakebooknya kerjaannya liburan mulu. Statusnya gak jauh-jauh dari tempat yang mau dia tuju. Ngiri berat. Ni orang emang sempet jadi anak ilang, ga kedengeran kabarnya, dia kerja dimana, ga pernah OL, eh begitu nongol dia bikin iri semua orang. Gua sempet menyangka doi melakukan sesuatu yang aneh (ngepet??), habis kerjaannya liburan mulu tapi gua gak tau dia tuh ngapain aja.

Akhirnya gua sempet ceting sama dia malem-malem, dan setelah ngobrol sama dia semaleman, gua berkesimpulan. Dia memang layak bikin ngiri orang.

Kata dia, awal-awal dia stress berat karna buat masuk list stocker aja susahnya minta ampun. Sering dia dapet rejection atas karyanya tanpa tau salahnya dimana. Belum lagi dapet beban sosial karna dibilang pengangguran. Ditambah sedih luar biasa kalau buka fakebook liat foto temen-temen yang udah pada sukses ngantor. Jadi menejer di perusahaan ternama, jadi engineer panutan di perusahaan oil and gas (doi berlatar engineering), gaulnya sama bule-bule, dsb.

Tapi dia tetep keukeuh, pengennya moto terus. Akhirnya dia nekat tinggal di dunia antahberantah buat ngehindar dari kata-kata orang yang bilang dia pengangguran lah, tukang ngabisin duit ortu-lah, dsb. Dia matiin tuh fakebooknya supaya gak terus-terusan meratapi nasip. Sebulan pertama dia terus-terusan foto tanpa berenti. Apapun dia foto. Dan, akhirnya setelah hampir 1 setengah taun dia sampai juga di titik balik. Kalo kata orang ekonomi mah breakeven point. Apa yang dikerjain yang katanya gak jelas mulai ada hasilnya.

Akhirnya, sekarang jadi berbalik, tadinya dia ngiri sama orang-orang, jadi orang-orang yang ngiri sama dia. Tadinya dia menarik diri dari dunia sosial, eh tiba-tiba orang jadi pengen bertemen sama dia.

"Dulu gue iri setengah mati sama orang-orang yang sukses dikantoran. Tapi kayaknya sekarang mereka yang iri deh. Enak com, gua liburan terus tanpa kenal long week end, sabtu-minggu, 8 to 5, bisa kapan aja, ditambah gua bisa berkarya semau-mau gue tanpa harus dimarah-marahin sama boss. Im the boss. Ga perlu nyesuai-in karya dengan keinginan klien, selera pasar, atau apa. Orang-orang dipaksa buat suka karya gue, bukan orang-orang yang maksa gua buat bikin karya yang mereka suka hehehehe..."

"Emang sih com penghasilan yang diterima ga sebesar mereka, tapi kalo dibandingin sama waktu yang gua punya, kebahagiaan waktu karya lu jadi terus di donlot, ada sesuatu yang bikin kita bilang there is something that money can't buy.." gitu katanya.

Kepada orang-orang yang mau menekuni dunia e-gold digger, doi berpesan : terus berkarya! no matter what. Mau karya lu jelek kek, Biarin aja. Tekun dan sabar. Step-stepnya udah jelas ini kok. Dimana-mana yang namanya keahlian tuh bukan karna pinter tapi karna tekun!

Satu lagi : lu kudu punya ilmu ignoring people. Dunia tuh penuh dengan critical sinners. Biarin orang bilang apa. Dan kadang lu kudu tutup telinga dari yang namanya kritik. Kritik satu sisi membangun, tapi satu sisi lagi matiin kreatifitas lu! Buat sekarang-sekarang mah yang penting berkarya dulu sebanyak-banyaknya. Nanti kalo udah berhasil baru tuh terima kritik dengan bilang sambil ketawa"iya maklum lah masih amatiran, lain kali diperbaiki deh". Tapi di dalem hati lu bilang "yang penting gua udah dapet hasil dari karya butut gue, emangnya elo, ngemeng doang, ciih!"


Baiklah Ocai dokai pak!
Tapi sebelum gua semangat lagi gua mau galau-trip lagi aaahhh..ehehehehe

2 comments:

Rio mengatakan...

Ini bagian "Like this" nya mana inih.. MANA?!?!!?

oncomdotcom mengatakan...

waduh emang ada ya? toolbarnya??kekekeke
aduh maap gaptek..
komisidelapan et yahoo dot com komisidelapan et yahuudotcom

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...