Theme Preview Rss

Bule Nyunda

Ratu Biawak punya teman yang hidup di negeri tulip dan kincir angin bernama Stijven van Harslag (baca : Setipeun pan Herslah). WAW!ratu Biawak, ternyata ratu Biawak punya temen yang "mendingan" juga ya?? HAHAHAHHA..iya dong..ratu biawak kan turunan bangsawan reptil tersohor. Mana mungkin ga kenal sama reptil-reptil dari Ordo lain!

Tak kenal maka tak sayang, udah kenalan tetep gak sayang juga. Mari ceritakan sedikit tentang si bule bandot ini, atau lebih tepatnya kenapa bisa kenal sama gue (iya kan?iya kan?ini pertanyaan lu-lu pada kan??). Jadi begindang, si Setipeun ini orang yang pinteeeeeerrrrrrrr banget dalam bidang bahasa, ya harap dimaklumi, doi keturunan Yahudi soalnya. Doi menguasai bahasa Belanda, Inggris, Perancis, Armenia, Yiddish, en eeeennnngg Bahasa Indonesia.

Terakhir doi tuh tertarik banget sama Bahasa-bahasa "hula wala", dan bahasa "hula-wala" yang dia pengen doi pelajari pertama kali adalah Bahasa Sunda! Aduh mister Setipeun..jauh-jauh ti negeri kikinciran, hayang nyarios Sunda euy!


Dan gak tau gimana ceritanya, tiba-tiba dia kenal gue ajah gitu. Dan sebagai orang Yahudi yang pinter memanfaatkan orang, doi tak akan melewatkan gue begitu saja. Doi mau minta ajarin bahasa Sunda ke gue. Karna gua pun berotak licik, gua pun tak akan melewatkan kesempatan ini (mulai mencium bau $).

Akhirnya perjanjian disepakati. Jikalau gua bisa membawa dia ke orang Sunda dan bisa bercakap-cakap maka gue akan dibayar berapa gitu setiap orangnya. Oh asik banget..biarin deh gua juga ga pinter-pinter amat Sundanya maklumlah Sunda gue kan Sunda Heuras Genggerong, demi $$$ kulakukan saja.

Akhirnya dengan sabar gua mengajari dia Nyunda. Yes, Sabar karna pertama : doi kebanyakan nanya. Kedua : doi ga bisa-bisa!!! AHAHAHAHAHHAHA sumpah suer deh, bolehlah lu pinter berbagai bahasa, tapi ternyata lu tak berkutik di bahasa daerah. Aje gile lo, sok sanah pelajari bahasa hula-wala, lu pasti muntah nanah berak nanah deeeh!

Beribu-ribu kali gua bilang ke dia kalau di bahasa Sunda (atau mungkin di bahasa daerah lainnya) itu ga mengenal kelompok kata Iweyouthey, kata berbau maskulin atau peminin, single atau jamak, kata bentuk lampau sekarang dan nanti, jeung sajabana, tapi bahasa Sunda itu mengenal kelompok kata berdasarkan umur perikemanusiaan dan perikebinatangan. Jadi kalau lu ngobrol dengan orang yang lebih tua, teman sebaya, atau dengan binatang itu beda penggunaan katanya.

So, Setipeun, listen, Kalo gua salah nyarios Englis terus gua salah pake kelompok kata, paling-paling elo cuma bingung. Tapi, kalo elo Nyunda terus salah penggunaan kelompok kata, elo bisa digaplok, Setipeun!

Eh tapi yah udah dibilangin gitu dia tetep aja nyarios "Urang nyatu heulanya -saya makan dulu ya-)" ke gue kalo doi mau makan. Eh boker lu keras! Serius dah ni orang pengen gua gorok!! Bolehlah kalo dia bilang "Urang daang heula" yang kalo di bahasa Sunda tuh udah kasar. Tapi peuliiiisss deh Setipen, nyatu itu udah kasar banget, itu kata yang artinya makan cuma di peruntukkan untuk binatang! OMAIGAT...dasar Yahudi!!!

Tapi, seru juga sih ngeliatin bule paciweuh ngomong Sunda. Serius paciweuh pisaaan! Kita boleh bangga sebagai orang Indonesia bekoz of wat?? bekoz kita-kita orang Indonesia lidahnya lentur-lentur!mau belajar bahasa apa juga kayaknya lidah kita ga mengalami kesulitan yang heboh kayak si Setipeun belajar Nyunda. Coba dia bilang Cibeureum aja jadi Ciumbrem, Pakewuh jadi peykeywug, Piceun jadi piksyen..waduuuhhh ancur dah...

Dari berbagai bahasa yang si Bule Bandot kuasai, doi mengaku kalo Bahasa Indonesia itu bahasa yang paling gampang (HEEEEEHHH!!!??), tapi pada akhirnya, setelah dia belajar basa Sunda dia bilang gini :

"Sekarang saya mengerti mengapa Bahasa Indonesia itu begitu simpel, memang pantas kalau disebut sebagai bahasa pemersatu, sebab bahasanya memang bentuk penyederhanaan dari berbagai bahasa daerah yang begitu rumit.."


PS : memang benar Setipeun..karakter orang2nya juga sama kok..suka menyederhanakan, menyimpel-nyimpelkan sesuatu, kayak gue gituuuuhhhh..

3 comments:

iseng_punya_blog mengatakan...

alus euy, wkwkwkwkwkwkwkwk keren-kereN

NGAN BINGUNG KUNAON ORANG SUNDA D SANGKA TEU BISA NGOMONG HURUF F PAN ETA MAH PITNAH

Anonim mengatakan...

ediyannn...jenius selalu emang ente non...!
emang gw ngepens nomer hiji ka maneh dah..!

Bunda Epong mengatakan...

Lucu banget si setipeun....Tapi menurutku dia kagak akan pernah digaplok...orang kita mah pan suka kagum lebay sama orang bule...kesannya mereka tuh superior abis-abisan....

Kalaupun si setipeun salah ngomong, palingan cuman disenyumin doang sama kita-kita, dan dimaklumi...yah gitu deh orang indonesya...

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...