Theme Preview Rss

Pak RT Duloh

Saat ini gua beserta warga sekitar gua sedang sebel sama Pak RT. Rasanya udah pengen mukul dan mengkudeta dia gitu atau melakukan aksi anarkis ala FPI atau ala mahasiswa Makassar (demo ujungnya ribut) pokonya apapun deh yang penting ni Pak RT jera melakukan tindakan nyebelinnya. Baru-baru ini si Pak RT ketauan nyolong duit hak seorang warga yang gak punya. Bener-bener parah deh ni Pak RT.

Tapi yang namanya hidup bertetangga yah, tindakan-tindakan tersebut justru lebih sulit dilakukan ketimbang kita demo presiden, bahkan untuk sekedar bilang baik-baik aja mikir panjang kata-katanya, serius deh mendingan bikin pidato menteri daripada nyiapin kata-kata buat bikin si Pak RT tau kalo kita warganya gak sebego itu untuk dia begoin.

Pak RT ini ibarat rezim orde baru, dia udah lama menjabat, tapi kita gak bisa ngapa-ngapain. Susah gitu buat gak menjadikan dia Pak RT lagi. Masalahnya di sini ga ada Pemilu. Kita suka iri gitu sama RT sebelah. Walaupun Pemilu kecil2an yang calon2nya diumumin di mesjid, tapi minimal pilihan wargalah..Kalo kamu pernah nonton Madagascar 2 ; Escape to Africa, ada adegan si singa Makunga menyalonkan diri sendiri terus ga ada yang bisa menentang dia. Nah persis kayak gitu deh!

Nah, suatu hari gua pernah datang ke kawasan antah berantah, dimana masih banyak sawah, kebon, sungai yang airnya bersih. Waktu itu gua sedang survey yang diadakan pemerintah setempat, bertemulah gua dengan Pak RT Duloh untuk menanyakan keadaan warganya. Gua kira Pak RT ini masih muda, ternyata udah tuaaaa banget, tapi Pak RT Duloh orangnya murah senyum.

Gua suka beranggapan, kalau di daerah-daerah kayak gitu biasanya Pak RT dipilih dari orang yang paling kaya raya, supaya kalau ke balai desa atau mau ngejalanin program gak terhambat karna masalah duit (berhubung jatah duit rata-rata udah di embat di Kelurahan). Ternyata gak juga, Pak RT Duloh itu buruh tani, sehari-hari dapet penghasilan dari pekerjaan buruhnya itu cuma 15rebu ajah. Anaknya banyak, gua lupa berapa, pokonya banyak. Gua sampe heran sendiri, 15ribu buat ngehidupin keluarganya????? ampe bingung deh mau berkata-kata apa.

Persamaan Pak RT sinih sama Pak RT Duloh itu mereka tahan lama jadi Pak RT, perbedaannya ya jelas Pak RT Dulloh warganya dengan sukarela memilih dia sebagai Pak RT terus-terusan.

Kadang bertanya-tanya juga. Pak RT Duloh sering ngeluh gak ya? gak punya uang, ga ada internet, sehari-hari ya main sama kebo.

Ceritanya habis itu gua ke daerah yang 180 derajat beda sama daerah kekuasaannya Pak RT Duloh sebut aja namanya daerah KedongKolan. Orang-orangnya berduit semua dan emang ni daerah sumbernya kedongkolan. NYEBELIN ABIS. Orang-orang macem Pak RT Duloh gua tanya-tanya tentang warganya (nanya tentang dia juga) asik-asik aja jawabnya, ga ada yang perlu ditakutin, ibaratnya kata mereka "kamu mau nyolong apa dari saya?sok aja, saya gak punya apa-apa".

Lain cerita dengan daerah KedongKolan. SUMPAH YA SOMBONG ABIES!!!!! gua dan teman ampe berantem tuh sama si bendahara RT. Segitu cuma BENDAHARA RT doang! gua cuma nanya ada berapa kepala keluarga disana dijawab begini "Memangnya kamu udah dapet persetujuan dari warga sini untuk tahu berapa jumlah warga disini?". YEEEE..buseng deh..segitu gua udah pegang surat sakti dari pemerintah setempat. Jadi kasarnya gua harus mengadakan pertemuan warga untuk mengetahui berapa pasnya kepala keluarga disana. KALO GITU APA GUNANYA ELO SEBAGAI PEJABAT DAERAH ELO HAH????

Balik lagi ke Pak RT Dulloh dan para pejabat nyebelin seperti ibu bendahara KendongKolan dan Pak RT gua.
Akhirnya didapatlah beberapa kesimpulan bahwa:
1. Ternyata semakin "berada" orang semakin tertutup orang itu
(dan makin nyebelin sama orang).
2. Kekuasaan walau cuma kekuasaan kecil tapi powerfull buat nyolong dan nginjek-nginjek orang. Ibu bendahara KedongKolan sukses nginjek-nginjek gua. Bapak Kelurahan sukses nyolong duit Pak RT Duloh. Pak RT gua sukses nyolong duit warganya yang notabene cuma pemungut sampah doang..

PS : kira-kira gua bakal di jegal gak ya sama Pak RT gua gara-gara nulis beginian???

0 comments:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...