Key to Success in Service Bussiness : 100% Client/Costumer Satisfaction.
Itu kata Om Bob Sadino, begitu juga kata Bill Gates, begitu juga kata Ustad Yusup Mansur.
And You know what?
I hate that word.
Very.
But, though i hate that word, i have to agree with that. We being paid to make them satisfied. yuck.
Jadi begini caritana teh. Kan tumpukan logo saya udah buanyak tuh, udah numplek, bikin penuh harddisk ampe saya sendiri pusing soalnya saya suka nyimpen data disembarang tempat. Logo tersebut adalah hasil dari usaha ikut kontes. Beberapa ada yang menang, beberapa ada yang dibeli walau gak menang, beberapa ada yang ilang, beberapa ada yang saya jual lagi. dsb.
Nah, beberapa bulan kemarin tuh lagi sepi-sepinya. Kontes kaga ada yang menang, jualan juga kaga ada yang beli. Trus masuk kerja juga saya banyak bolos lagi ( hanya 10 hari masuk dalam sebulan. 4 hari bolos jalan-jalan, sisanya tiduuuuuuuuuuuuurrrr wuahahahahah)
Akhirnya saya memble dikamar sambil maen dOTA, bingung dapet duit darimana nih. Eh gataunya, seorang teman yang suka maen dOTA bareng ngasih tau, kata dia "try make service bussines, like make logo from your unused logo as template". Terima kasih wahai mister Nick152 yang telah memberi pencerahan. Terima kasih juga wahai mister Nick152 yang selalu nge-kill saya. mmmmmmmonnster killl...gelooo...
Terus saya tanya om gugel, ternyata banyak website yang menyediakan tempat buat kita sang tukang gambar pemalas buat menyediakan service begitulah. Langsung weh saya buat akunnya. Terus saya baca tuh di forumnya, katanya kita mending membuat project dengan sesuatu yang disukai. Ya udah weh saya bikin Logo Project Service dengan tema Vintage (padahal ga bisa, cuma suka doang).
Hari pertama...ga ada order..hari kedua..ga ada juga...hari ketiga...ga ada..aaaaaaaaaaa..begitu terus sampe hari ketujuh, buka email terus tanpa ada "email bahagia" selain spam.
Karna saya kesel, apalagi habis main dOTA kalah mulu, habislah kesabaran saya. Maka otak saya berjalan dengan gurung gusuh. Saya bikin banyak project service, ada yang temanya corporate (padahal paling ga bisa), ada yang temanya cute animal tapi gambarnya alligator, ada juga yang temanya farm tapi contohnya gambar es krim, aaahh pokonya ngaco deh..hehe
Tidak sampe situ saja kawan-kawan, saya membuat banyak akun diberbagai website, dengan isi kurang lebih sama tapi dengan range harga yang beda-beda. Jika di web A harganya $500, web B harganya cuma $100. Gelo kan? beginilah kalau uang di atm menipis, langsung rusuh..
Bulan demi bulan berlalu, saya kembali berjaya di kontes (berjaya di eliminated maksudnya), penjualan saya kembali naik (setelah di diskon tentunya), dan saya kembali rajin bekerja (14 hari masuk..wooow rajin sekaliiiiii). Dan usaha saya menjadi internet troll mem-fraud project service berhasil. "email bahagia" itu akhirnya masuk.
Wah saya menerima order!! asiiikkk. Order pertama saya datang dari seorang............Indihe..
Dan you know lah bagaimana orang Indihe itu. Aduh maap banget sedikit rasis nih, tapi yah mungkin yang pernah bekerja sama dengan orang Indihe tau gimana rasanya.
Jadi begitulah, walau saya pasang order harga $100 tetep weh doski nga-bid $75, saya pikir ga papa lah untuk pertama project. Tapi yang bikin sebel doski minta review dan revisi-nya..UNLIMITED. wow you just so...................GELO.
Pokonya kesel deh, makan ati banget, mana carewed piiiiiiiiiiiiiiiiiiissssssssssssaaaaaaaaaaaannn lagi. Oh may gat. Saya bener-bener ga ngerti maunya dia apa. Bener-bener ga ngerti style yang dia suka kayak gimana. Saya pernah coba nanya yah supaya saya bisa bikin sedikitnya bisa nempel gitu di selera dia. Saya tanya begini "Can you give some example logo that you like, i just want to know what style do you like"
Terus dia jawab apa coba?
"I dont know, you are the designer!"
Jlebbbb..edan..SABAR
Terus saya coba tanya lagi dia maunya playfull or serious, obvious or subtle? only type, or type with image, or type with emblem?
Terus dia jawab apa coba?
"All"
WHAAAAAAAAAAAAAATTTTTTTTTTTTTT???? GEDUBRAK!!
Terus yah, entah dia punya tracking or something, ni Indihe tuh tauuu aja kalau saya sedang online, jadi setiap saya online pasti dia langsung membombardir saya dengan :
"Did you make the revision now?"
"Did you make the revision now?"
"Did you make the revision now?"
"Did you make the revision now?"
Ni 1000x menyebalkan daripada si ega bilang :
"Mau makan apa?"
"Mau makan apa?"
"Mau makan apa?"
"Mau makan apa?"
(ala suara spongebob ega)
O............M.................G....
Setelah kira-kira 25 kali "asistensi dan revisi"(boooo kalau kuliah asistensi 2 kali doang udah bikin kesel apalagi ini 25 kali wuek wuek wuek). Akhirnya saya ga tahan, saya langsung tembak aja ni Indihe. "Do you want it or no? if yes say yes, if no say no, so i could sell it to someone else".
Terus..teruss.. dia jawab apa coba??
"To be honest, i dont know what i want now"
HAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAHHHH???? JLEEEEEEEEEEEEEEBBBB, oohhhh Tuhan.
Selama ini aku bikin for nothing gitu? ya ndak papa kalau memang ga cocok kan bisa berenti dari awal, terus lu pilih designer lain kek. apa kek..ampun. Akhirnya saya memilih untuk kabur dan offline terus. I dont care. Ya gua juga belum dapet apa-apa, belum dibayar, hak gue dong buat kabur. Palingan akun gua di banned. Bodo akun bisa bikin lagi. Sing penting tu orang pergi jauh-jauh dari gua dah. JUST GO!!wew..
Tapi................
Setelah seminggu saya kabur, tu Indihe kirim email lagi. Dia bilang begini :
"OK..OK i know made mistake, you know i will pay you, but i want 5 design from number 13,15,17 dst...."
Aduhhh...maneh teh masih keneh hirup??Waduhhh..gila bener ni orang yak, udah mah nawar $75, hayang design-na banyak. Jangan kan 5. Gua kasih dah semua 25 nya. Buat elo semua. Yang penting GO OFF.......aaaaaaa tidak tahaaaaaaannn..
Akhirnya saya kasih 25 bijinya, semua saya kasih, 25 include image pack yang terdiri dari jpg hi-res, png-tranparent, dan vector pack terdiri dari AI10, eps10. Jadi 1 design berisi 4. Total 100 item. WEW..i just killing myself.
Singkatnya tu transaksi berhasil, saya menerima $75 dari doski walaupun belum diredeem (masih di paypal, nunggu dollar ampe 11rebu biar ga rugi-rugi banget).
Tapi ko ngomong-ngomong ko akun saya ga di banned yah? kan bisa aja si Indihe berkoar-koar di forum betapa dia sangat kecewa dengan akun bernama XXXX.
Dan loh..loh..loh ko ada testimonial baru yah?
Ternyata tu testimonial dari si Indihe, dia bilang apa coba?
"XXXX give a lot of alternatives, and give me some vision that something what i want. thank you XXXX"
Saya bener-bener kaget. Yang bikin lebih kaget:
dia kasih 5 star rating dan 100% satisfaction
WOWWWWWWWWWWWWWWWWW...my first order berhasilllllllllllllllll!!!!tandanya saya ga usah nutup akun dan teruslah membuild sampe tu akun XXXX terkenal hihihihi.
Ok.. Indihe..although youre annoying, but thank you for the experience. I give you some vision that you want, and you give me some vision that this is "costumer satisfaction".
-Curhat Indihe selesai, bersambung ke curhat New Yorkers yah-
Saha Ieu Barudak?
- oncomdotcom
- Saya wanita gila, licik, dan curang. Saya bodoh dalam matematika, mengingat, dan sesuatu yang mikir-mikir. Saya juga gagal musik, dan sebenarnya tidak bisa menggambar Tapi saya sangat pintar berbohong. Bagus. Tirulah saya anak-anak!
Kategori Jurus-jurus
- Amunisi Ganti Kulit (46)
- cerita emak (3)
- ComComan (1)
- doktrin setan (11)
- gunjingan dunia (9)
- Hair Glam Metal Track (1)
- i hate taylor swift (1)
- Jaman Biawak Bertulang Rawan (8)
- kabeungharan basa sunda (1)
- karya bodoh (19)
- Kawanan Biawak (13)
- Kelakuan Muda-Mudi (1)
- lagi bener suka mengaji dan bersodakoh (11)
- Lagi rusak suka mabu2an dan berjudi pengen gorok orang (29)
- lilitan ratu biawak (30)
- mahabarata la piera (3)
- Oncom's Today Top Tracks (1)
- ratu biawak (62)
- sedang feminis dan ingin memberantas laki-laki (8)
0 comments:
Posting Komentar