Theme Preview Rss

The Real Reality Show : Survivor on Train

Sekarang lagi jaman mudik nih, terus-terus gua mendengar kabar dibajaknya kereta di tipi. Seketika itulah gue jadi inget tentang pengalaman pribadi naik kereta api. Yoiih teman-teman dulu gua adalah pengguna setia kereta api listrik. Pagi dan sore hari, kadang malam. Pulang-pergi. Suka dan duka sih pasti ada, tapi kebanyakan duka ehehe..kesan yang menempel banget selama kurang lebih setaun naik kereta api listrik adalah : "Inilah proses seleksi alam modern!"

Kadang-kadang gua berpikir, manusia-manusia yang naik kereta api ekonomi di jam-jam pulang kantor adalah manusia-manusia yang sangat hebat jiwa "survivor"-nya. Mereka bisa bertahan dalam kondisi yang "ekstrim" baik secara fisik maupun mental. Coba kamu bayangin, kamu pulang kerja, capek, naik kereta yang penuh ngajubel sampe kaki napak itu udah syukur. Ditambah dengan sekelompok orang-orang yang super nyebelin yang bawaannya pengen kamu gaplok. Belum lagi banyaknya copet yang nekat ngebunuh kamu, plus kalo kamu perempuan kamu harus hati-hati dengan yang namanya penjahat kelamin.

sekarang sih ada gerbong khusus buat perempuan. Nih segini teh bisa dibilang kosong
Dikondisi yang kayak gitu,  kamu harus stay cool tapi tetep waspada. Stay cool kalo ada gank annoying yang mulai beraksi "nyindir-nyindir" kamu. Stay cool buat ibu-ibu yang mulutnya pengen lu jait. Stay cool liat orang pacaran (ini yang bikin gue sutris *iri dotcom). Stay cool dengan ibu-ibu resek yang bawaannya banyak banget. Stay cool ketika tempat duduk yang udah kamu tungguin lama malah direbut orang. Stay cool dengan bapak-bapak yang dikondisi gilak kayak gini mereka seenaknya makan tempat buat main gaple, ditambah ketawa-nya dan omongannya yang jorok-jorok. EUGGHH!!!

Gua kadang sampe sekarang terheran-heran sendiri, ko gua dulu bisa ya bertahan. Ko gua bisa ya sabar nahan-nahan selama 2 jam. Keren juga ya gua ehehehehehe...

Oh iya dari 3 jenis kereta, ekonomi, ekonomi-ac, atau ekspress. Gue paling gak suka sama ekonomi-ac. Kenapa? ya karna orang-orangnya itu. Mereka manja kayak penumpang ekspress (ga se-survive manusia-manusia ekonomi), tapi kelakuan mines kayak penumpang ekonomi. So, kalo ga punya duit buat beli tiket ekspress, gue lebih baik naik ekonomi aja sekalian.

kereta ekspress bergaya. Yg ijo kereta ekonomi-ac
Berantem?? udah pasti sering ya. Perang dingin dengan ibu-ibu?? tiap hari. Nonjok orang? 2 kali. Dua-duanya untuk orang yang sama. Si penjahat kelamin.

Hehehe..iya dulu inget tuh pernah nonjok si penjahat kelamin, Nah, si penjahat kelamin yang gue tonjok itu emang musuh bebuyutan gue. Entah kenapa, gua ini selalu jadi inceran para penjahat kelamin, mungkin karna gue terlihat lemah kali ya. Gue selalu inget mukanya. Tapi dia gak pernah inget gue. Waktu nonjok, perasaan gue kayak dipelem-pelem perang gitu. "I have power, i can kill you right now", pokonya gak gentar deh.  Habis nonjok??  -inilah bedanya laki-laki ama perempuan- gua langsung seeeeerrrr merinding ketakuan ahahaha..payah.

Baidewei, melenceng dari pembicaraan "seleksi alam di kereta".  Gua acungi jempol yang banyak ampe jempol kaki gua kasih deh buat PT.KAI (eits sebut merek). Menurut gua, perusahaan negara ini masih mau "melayani rakyat" dengan sabar. Wuiiih pasti gue langsung dilempar sendal nih sama orang-orang.

Soalnya begini, walaupun kamu-kamu yang sering naik kereta terutama kereta api listrik,  sering dibuat kesel sama kereta. Sering mogok, jadwal gak jelas, banyak gangguan. Tapi cobalah liat, kereta api ini angkutan sejuta umat, angkutan rakyat kecil. Angkutan yang bikin lu bisa nabung karna naik ni angkutan bisa gratis ehehe..

Kalau kamu liat kelakuan para comuters, mungkin akan terheran-heran "ko ni perusahaan ga kolep-kolep ya?" nurut gua dengan kelakuan comuters kayak gua yang suka ngibul-ngubulin tukang karcis, atau orang-orang lainnya yang suka ngerusak, dalam itungan 2-3 bulan ni perusahaan udah pasti DOWN. Tapi ni perusahaan masih bertahan dan sabar aja gitu memaintenance keretanya yang saban ari bisa rusak ampe 80 persennya. Belum lagi caci maki dari para comuters kalo ada gangguan apa-apa (padahal bayar karcis aja kagak).

Ya, gua ga tau sih, keadaan di dalem perusahaan ini gimana. Banyak yang bilang mereka untung besar setiap harinya, so caci maki itu sebenarnya harus dilakukan. Tapi, kalau emang pengen ngebuat keadaan lebih baik, ya mendingan dibenerin dulu deh kelakuan yang makenya. Kalo gue jadi bos perusahaan ini pasti gue bakal bilang "buat apa gua bagus-bagusin kereta, bebenah semua sistem, benerin rel, kalo cuma sehari rusak, cuma sehari besi rel udah pada dicuri, males dah, mending duitnya gue kasi aja ke anak buah gua yang saban ari udah pada sabar ngadepin tu orang-orang". 

Eh ini sih cuma pendapat pribadi aja loh. Pendapat pribadi yang jadi bumerang, soalnya dengan begitu berarti gua jangan ngibul-ngibulin tukang karcis lagi ehehehe...

So balik lagi ke cerita "seleksi alam modern" ala kereta. Bagaimana nurut pendapatmu tentang orang yang suka naik di atap gerbong kereta? nekat? gak sayang nyawa? bodoh? sok keren? ennngg yang pasti pasti kebanyakan negatip lah ya. Kalo menurut gua sih ya, BODO AMAT LAA YAAW!! Kenapa? ya mereka juga ga mau kali kalo gak kepaksa. 


Gue pernah juga tuh nekat mengorbankan nyawa gue dengan naik diatap gerbong kereta, ehehehe..pengalaman yang gila juga sebenernya. Tapi gue punya alesan. Saat itu gua lagi super males ngadepin "gank annoying". Dan ternyata, naik di atap gerbong itu lebih enak daripada di dalem gerbong dari sisi orang-orang sekitarnya. Gak ada yang annoying, karna semua fokus sama "mengamankan diri sendiri".

Mungkin kalo emak-babeh gue tau ni tabiat nekat gue, pasti langsung sujud sukur berkali-kali, karna gue masih idup.

Ya suww..mungkin kalian-kalian juga pasti punyalah pengalaman pribadi naik kereta. Apalagi sekarang lagi jamannya mudik. Woow pasti banyak tuh ceritanya! oke deh segini dulu aja ah nulisnya..gua mau masak sahur dulu yeee..

Baidewei selamat mudik dan lebaran yaaa..yuuk mari

1 comments:

attayaya mengatakan...

waaaah di tempatku ada kereta
bukan kereta api, tetapi "kereta"
sebagai sebutan motor alias kendaraan roda dua

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...