Theme Preview Rss

Obsesi Kompulsif Nyuci Piring

Secara medis, semua manusia punya dorongan di bawah alam sadar yang kadang membuat dirinya melakukan sesuatu yang aneh dan ga masuk akal. Kita sebut aja itu disini sebagai "penyakit jiwa" yaa..

Percayalah tak ada manusia yang tak punya penyakit jiwa. Kalau kamu masih ngotot juga kamu gak punya penyakit jiwa itu berarti kamu bukan manusia, mungkin kamu adalah jurig. Atau secara gak langsung kamu menganggap dirimu adalah Tuhan. Semua manusia itu sakit jiwa!

Nah penyakit jiwa itu ada yang ringan ada yang berat. Penyakit jiwa ringan maksutnya sesuatu kebiasaan yang kamu lakukan, kadang ga masuk akal, tapi harus kamu lakukan, kalau ga kamu bakal cemas atau ngerasa gak puas. Penyakit jiwa ringan biasanya ga disadari dan baik-baik saja di kehidupan sosial, tapi kadang suka bikin sutris si empunya.

Untuk mengetahui kamu berpenyakit jiwa apaan, memang kadang harus disadari oleh orang-orang sekitar kamu. Misalnya nih, emak gue, dia bisa dibilang seseorang yang terobsesi akan kerapihan. Emak gue nih emang orangnya seneng banget bebenah, dan paling kesel kalo liat yang gak rapih. Keselnya ni sampe ga bisa tidur! Dulu, waktu gue kuliah dan ngekos, kalo emak gue nginep, walau gua udah berusaha merapikan kamar serapih-rapihnya, selalu ada yang dianggap gak pas. Hasilnya, emak gue ga bisa tidur semaleman.

Akhirnya, dikasi taulah oleh kakak gue yang perempuan yang udah tau elmunya kalo emak gue ini mungkin mengalami obsesi terhadap kerapihan. Babeh gue juga punya obsesi terhadap "segalanya berjalan tanpa hambatan" dengan tingkat yang udah dianggep kompulsif.

Sedang gue? mungkin gue punya kecenderungan untuk obsesi terhadap pengelompokan dan penyusunan. Ini gua sadari ketika gua melakukan pekerjaan rumah sehari-hari seperti mencuci piring dan menjemur baju cucian.

Jadi ya, waktu gue cuci piring mungkin gue adalah orang yang mencuci piring terlama di dunia karna gua harus melakukan kegiatan itu dengan urutan dan prosedur yang gue bikin sendiri. Pokoknya hasil cuci piring itu harus bagus stacking-nya waktu ditempat pengeringan. Kalo ga gua bisa sutris.

Ketika gue nyuci piring, awalnya gua obrak-abrik dulu tuh cucian. Jadi gue kelompokin dulu berdasarkan jenisnya. Jenis sendok2an, jenis piring, jenis gelas. Dari jenis ini juga dikelompokin lagi, misal jenis piring itu dipisahin berdasarkan piring ceper atau mangkuk habis itu dipisahin lagi piring dengan model sama dan yang beda. Begitupun dengan gelas, sendok, dan lain sebagainya.

Habis itu, baru gue susun semua berdasarkan urutan yang harus masuk duluan ke tempat pengeringan (bukan lemari). Misalnya piring ceper harus berada di tempat paling bawah ditempat pengeringan karna paling gak ngabisin tempat dibanding mangkuk. Mangkuk ketika distacking harus diatas piring ceper. Habis itu baru gelas dengan urutan gelas yang kecil dulu baru yang gede, biar waktu disusun si gelas gede diatas gelas kecil jadi gak ngabisin tempat. So, urutan nyucinya adalah piring ceper, mangkuk, gelas kecil, gelas gede, baru sendok2an.

Karena urutan nyucinya harus begitu adanya, maka yang duluan disabunin itu dengan urutan terbalik : sendok2an, gelas gede, gelas kecil, mangkuk baru piring ceper jadi ketika ngebilas piring ceper duluan yang dibilas, habis itu masuk ke tempat pengeringan dengan urutan stacking seperti yang disebutin diatas.

Anehnya, kalo habis nyuci piring hasil stackingnya gak bagus, itu pasti gue bakal ngulang lagi dari awal. Gua masukin lagi tuh piring2 yang udah dicuci, gua obrak-abrik lagi, dan disusun sedemikian rupa, pokoknya sampe hasil stackingnya paling gak ngabisin tempat!

Emang sih jadi keliatan cuma ngabisin waktu, kerja dua kali, dsb. "Buset deh, nyuci piring doang, ribet amat sih?" Tapi, kalo ga diturutin gue suka ga ngerasa puas, dan kesel gituh. Demikian pula kalo gua jemur baju, semua di kelompokin dulu, dan disusun berdasarkan urutan bikinan gue. Aneh bukan. Tapi begitulah adanya. Kalo udah mengerjakan dengan benar pasti habis itu langsung ngerasa seneng dan ketawa-tawa sendiri liat hasilnya, walau cuma liat susunan piring doang!
the art of stacking dishes
Jadi semacam-macam itulah. Kamu melakukan sesuatu yang dengan sukarela kamu mau bersusah-susah atau mengulang lagi, pokonya sampe kamu merasa puas. Atau kalau kamu orang yang tipenya pemikir. Kamu sampe gak bisa tidur memikirkan sesuatu hal yang "ngapain sih hal gituan doang dipikirin?". 

Tapi, mungkin inilah maksutnya Tuhan memberikan semua manusia penyakit jiwa. Dengan penyakit jiwa itu, kamu unik dan bisa punya kelebihan yang berbeda dari yang lainnya. Karna sifatnya gak disadari dan kamu bersedia berkorban untuk itu, kamu jadi expert. Misalnya, seorang Einstein yang obsesi terhadap ngitung-ngitung, atau seorang Agmon yang obsesi terhadap aktualisasi diri. Obsesi terhadap suara gak sumbang kamu mungkin expert jadi pemusik, dan lain sebagainya..

Terus bagaimana dengan kamu? Nah, kalo gue sih mungkin expert dalam hal eeeeeeeeeeeeeeeeennggg tak lain tak bukan yaaaa cuci piring..

2 comments:

renggap mengatakan...

kutebak, pasti anda seorang visual, jika dikategorikan dlm quantum learning...
:p

oncomdotcom mengatakan...

mas renggap :mungkin, bahkan "very visual" kalo liat duit..ehehe

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...