Theme Preview Rss

Tongseng & Misteri Hilangnya Daging Semur

Hai semua, lebaran nih ceritanya! ya walaupun ternyata pengumuman lebaran dari pemerintah tahun ini cukup mengagetkan (berarti nambah puasa lagi sehari heu), tapi ada juga yang mulai lebaran hari ini. Baidewei mau hari ini atau besok, yang penting mah lebaran! Selamat lebaran semua!

Pasti seneng dong lebaran mah. Sebenernya ada juga sih yang bikin ga seneng pas lebaran yaitu selain pasti bakal ditanya kapan kawin sama handai-taulan, juga karna nafsu makan gua berkurang. Enggg maksutnya adalah nafsu makan-makanan berat ya. Kalo ngemil sih ya pasti bertambah. Kacang, kuweh keju, koe coklat semua diembat sajah. Iya jadi sebenernya gua tuh kurang suka sama masakan lebaran seperti ketupat, opor ayam, semur daging, jeung sajabana.


Walaupun bisa dibilang ketupat adalah maskot lebaran, tapi gua ga suka ketupat. Bagi gue makan ketupat tuh capek. Capek ngunyah karna keras. Berasa kurang air, seret.  Bahkan  kalo makan nasi aja gue suka yang banyak airnya bahkan kalo bisa yang hampir setengah bubur.

Kalo perihal makanan lebaran kayak semur, terus opor, terus ya yang begitulah, gue teh ga demen. Soalnya gua termasuk herbivora sejati. Nafsunya kalo ada yang ijo-ijo seger. Nah makanan itu kan ga ada ijo-ijonya sama sekali, jadi gak nafsu we gitu.

Gua termasuk biawak yang insap. Sukanya makan sayur.

Tapi ada beberapa pengecualian buat makan ketupat. Yaitu gua bakal nafsu banget makan ketupat kalo dengan TONGSENG! yes TONGSENG!!! TONGSENG MAMEN!!..aaahhh TONGSEEEENG!

TONGSENG walaupun ga ada ijo-ijo segernya, tapi gua nafsu banget dah makan tongseng. Tongseng adalah salah satu makanan yang pasti bisa bikin ngidam berat selain baso. Gua bersyukur banget tinggal di Indonesia dan mengenal tongseng. Gua pikir kenapa kumpeni pada betah ampe 3.5 abad menclok di Indonesia ya pasti karna tongseng. Pasti mereka gak sanggup menahan ngidam tongseng buatan pribumi!!

Nah, seperti kali inipun gua lagi ngidam berat sama tongseng. Ga tahan ni lidah pengen goyang tongseng. Udah ga ketulungan lagi deh ngidamnya. Bahkan sahur hari ini terakhir ini gue pengen banget sahur sama Tongseng. Oke deh, jadi karna udah ga ketulungan makan tongseng, maka gue berniat untuk memasak tongseng. TETTEREEETT..

Karna mendadak pengennya, dan ini jam 1 malem. Maka pusing juga si biawak nyari bahan tongsengnya. Sebenernya sih masak tongseng bahannya gak ribet-ribet amat. Semua bahan adalah bahan rumahan kayak cabe, bawang, lada, garem, gula. Itu sih disetiap dapur pasti ada. Yang agak susah ya kali santen ama daging kambing. Tapi inilah enaknya jaman sekarang. Santen udah ada yang instan dan kebetulan lagi ada stocknya di kulkas. Nah, tapi daging kambing???

Lalu gua liat seonggok panci berisi semur daging. Ini dia!!!jadi Jadi daging buat tongseng gue ambil aja tuh dari daging semur. Ambilnya juga ga tanggung-tanggung!!gimana yah gua kalap sih. Ratu biawak lagi khilaf!!!!

Karna ini masakan Tongseng ala gue, dan biar ratu biawak gak khilaf-khilaf amat karna makan daging. Pastinya tongseng ini ditambah bahan lain yang pastinya bikin perut gue meronta-ronta. Bahan itu tak lain tak bukan adalah sayuran hijau! Kebetulan di kulkas yang termasuk sayuran hijau itu cuma ada brokoli, timun, dan daun selada. Bodo amat lah ya. Gua masupin aja tuh semua. Baru tau kan lu ada tongseng pake daun selada?

Si daging hasil embat dari semur, gua potong kecil-kecil biar ketutup sama kuah tongseng. Sedang si sayuran gua potong gede-gede tak berestetik buat nutupin si dagingnya. Maksutnya sih biar ga ketauan kalo gue melakukan tindakan kriminal terhadap semur daging. Biar kalo emak gue liat, dia menganggap gue sedang gila dan bereksperimen terhadap sayuran seperti biasanya. 

Si sayuran gua masak gak layu. Kecuali si daun selada ya, dia teh ringkih banget sih. Kena panas dikit langsung ciut. Dan inilah yang bikin paling sedap..potongan daging empuk dipadu renyahnya sayur plus kuah gurih-gurih manis. AAAAAAAHHHH Sedap niaaaaaan mameeeenn!!ah I love Tongseng!

WEITS..rupanya hari ini emang gue lagi kalap. GAK CUKUP LAGIH MAKAN TONGSENG KALO CUMA SEMANGKOK!!! So, bikin lagi ah!!!

Bikin lagi

Lagi

dan Lagi...

Nah lo, pas orang-orang pas buka panci semur daging pada bengong. Loh loh loh?? ko semur daging yang ada tinggal aernya doang??

Sriiiiiinnnggg..langsung ajalah semua mata tertuju ke gua. TERSANGKA UTAMA. Gua sih sedang mabok. Puas makan tongseng ampe perut mau meledak.

Hehehehe ya udah atuhlah. Maklum si Ratu Biawak kan lagi khilaf. Nah mumpung lebaran mohon maaf deh ehehehe. Oh iya buat semuanya, met lebaran juga yaaaaa...di tunggu bagi-bagi angpao-nya. Besok gua berencana untuk masak tongseng lagi dengan bahan yang lebih dashyat!!

Kayaknya ini bukan berlebaran tapi salam tempel buat pak polisi.

0 comments:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...