Theme Preview Rss

Pasang Google Analytics

Suatu agen advert nyuruh gue pasang google analytics biar katanya bisa mantau traffic blog gue. Nah ini baru lagi nih. Ampun dah apaan tuh Google Analytics?? Padahal baru kemaren tuh gua mempelajari cara daptar ke blog directory, belum beres belajarnya, ini ada lagi yang baru. Ya gua emang oon sih, baru ngerti begini-beginian.

Ya ampun ya dunia teknologi perinternetan tuhh bikin keblinger!! berasa ngos-ngosan juga gue ngejarnya! ya maklumlah gue kan oon bangat. Tapi ya sudahlah, gua rasa produk-produk dari embah gugel emang harus gua pelajari.

Oh iya, sekedar pemberitahuan, gua baru tau loh kalo blog itu akan lebih baik kalo kita meng-crawl ke search engine terkemuka dan blog directory terkemuka (ammmpuuun com kemana ajeh loo?). Gua sebenernya juga ga ngerti apaan tuh arti meng-crawl, tapi menurut pemahaman otak Nyi Rorock yang cetek, meng-crawl blog kurang lebih itu ngenalin blog kita ke suatu directory biar blog kita ter-index. Ibarat kata biar kita diindex sama "Yellow Pages"-nya internet.

Gunanya ter-index? apa ya? ehehehe..biar lebih cepet aja muncul di search engine kalo misalnya orang sedang searching. Misalnya nih ada orang yang plagiat blog kita, tapi blog dia udah duluan terindex, bisa jadi yang muncul duluan di search engine malah blog dia, kan rugi..

Buat terindex di search engine, gua rasa sih kita perlu ngenalin ke 3 pemain besar. Google, Yahoo, sama MSN (bing bukan sih??). URL-nya gua lupa, cari ajah deh di embah gugel, keywordnya kira-kira Google index, Yahoo index, semacam begitu.

Buat para blogger, penting juga kayaknya buat "ngenalin" blog kita ke blog directory. Nah sejauh yang gua baca mah, nu pang oceh mah blog directory yang namanya DMOZ, bahkan ceunah mah embah gugel pake acuannya dari sini. En buat masuk DMOZ tuh katanya susah bangeeeett. Lu bisa disembah-sembah katanya kalo blog lu bisa masup sini. Ya, gua sih mana berani ndaptarin blog cimrin ini, karna persyaratan pertama ceunah blognya kudu berbahasa inggris. Gugur dah.

Yang kedua, ada yang namanya Technocrati, yang ini nerima kayaknya kalo blognya berbahasa Indonesia. Gua udah daptar dari kapan tau, tapi rupanya pihak Technocratinya males kali ya nge-review ni blog, ampe sekarang gua belom dapet code tokennya. Ya udah deh..gugur..

Sekarang ada lagi yang namanya google analytics, haduhhh..makin pusing gue. Kalo kata orang yang udah pinter ama jago mah katanya banyak keuntungannya, salah satunya kita dapet feedback mana postingan yang paling disukai sama olang-olang. Gua sih cuma melongo ajah..aduhh..ah entar-entar ajah dah..ampuuunn otak gua udah ga muaaatt!!

Pihak agen advert itu sih udah ngasih langkah buat pasang google analytics. Kira2 begini :

a.Login ke google.com/analytics
b.Pada halaman depan ada tulisan all acounts, klik situs/blognya
c.Pada halaman report situs/blognya di bagian kanan ada tulisan edit | delete
d.Klik tulisan edit
e. dsb dsb dsb

Nah, akhirnya google analyticsnya ga gua pasang, soalnya nyampe poin b aja gua udah ga ngerti, "haaahh mana tulisan all acounts-nya???"..wuah kacau berat ni bloonnya.

Jadi ya udah deh, kayaknya buat pasang begitu-begituan satu yang musti gua benahin dulu. Apakah itu??

Benahin dulu otak lu cooom..ehehehe

3 comments:

Unknown mengatakan...

Ahahaha, akhirnya diilangin ya bagian verifikasi kata?? gut gut..

Btw, kalo ga salah buat blogspot, blog lu udh otomatis masuk google analytics deh.. coba deh liat bagian setting, terus bagian Stats nya.. itu bukannya google analytics nya ya?

Maap klo ada yang salah, maklum gw juga oon...hehehe

oncomdotcom mengatakan...

iya daripada pusing-pusing, ai hapus ajah dah ehehehehehe..

oh iya ya?? ahahaha gua ga ngerti juga,,tapi ceunah mah google analytics lebih dalem lagi, ampe bisa liat berapa lama pengunjung nangkring di blog kita, resolusi screen yang dia pake..tau deh gua juga oon sih ehehehe

oncomdotcom mengatakan...

oh iya buat rio, gimana sih caranya komen di tumblr elo?? eheheh ampun ya bloonnya???

gua pengen komen yang ada gambar burungnya itu loohh..itu gambaran ente kaah? bagusssssshhhh..

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...