Theme Preview Rss

Parallel Universe

Ibu-Ibu Bapa-Bapa, ini adalah postingan ke seratus. Di hari postingan ke seratus ini, saya Ibu Guru Oncom mengajak untuk kembali muda. Yuk mari kita jadi ababil lagi, marilah kita belajar lagi pelajaran SD yah!! yuk dimulai aja ya pelajaran dari Ibu Guru Oncom.

Ibu-Ibu Bapa-Bapa, yang dinamakan bintang adalah benda langit yang dapat memancarkan cahayanya sendiri. Jadi, matahari adalah salah satu bintang. Iyes Ibu2 Bapa2, matahari yang pusat sistem galaksi kita ntuh CUMA SALAH SATU BINTANG yang bertebaran di jagad raya inih. Bintang-bintang yang sering liat di langit pada malam hari itu bisa jadi seperti matahari, bisa lebih gede, bisa lebih dashyat, bisa lebih super, lebih wow! Cuma karena letaknya amat sangat sangat sangat jauh dari bumi makanya keliatannya gak ada papanya di banding matahari.

Nah, kalo gitu matahari juga termasuk bintang yang paling deket dengan bumi. Inget loh matahari yang teramat panas itu cuma SALAH SATU dari sekian banyak bintang. Pusat dari galaksi milkyway ternyata punya banyak saingan! 

Pernah ngebayangin ga Ibu2 Bapa2 sekalian semuanya? galaksi lain tuh gimana ya bentuknya, apa ada kehidupan juga kayak dibumi? Apa planet-planet di galaksi lain ada yang lebih indah dari bumi kita enih? apa ada makhluk planet lain yang lebih ganteng dari Wenworth Miller tapi gak homo?? atau ada yang lebih cantik dari Dian Sastro? atau bisa jadi orang-orang kayak Wenworth Miller ama Dian Sastro tuh dibilang jore disana soalnya ngaprak dimana-mana. Bisa jadi juga orang-orang dengan muka kayak Ibu Guru Oncom dengan gigi karenghol itu jadi pujaan setiap insan? kalo yang itu gak usah di jawab deh Ibu-ibu Bapa-bapa.

Lanjut lagi ya pelajarannya:

Bulan itu bukan bintang ya ibuk-ibuk bapak-bapak. Bulan itu adalah satelit bumi. Bulan juga ga bisa memancarkan sinarnya sendiri, bulan cuma mantulin cahaya matahari. Bagus sebenernya bulan itu gak memancarkan sinar sendiri. Kebayang gak kalo bulan itu termasuk bintang? dengan jarak yang deket itu, kali kita-kita udah pada gosong kebakar. Bukan gosong lagi, buminya juga ikut-ikutan gosong.


Oceh, itu segelintir pelajaran SD paling dasar selain pelajaran kali-kalian yang menyebalkan. Gua yakin lu-lu semua pasti udah nyahok tentang fakta-fakta diatas.

Tapi euy, walaupun udah tau dari dulu fakta ntuh, ibu guru baru menyadari ada yang menarik dari fakta diatas. Nah apakah itu Ibu Guru Oncom?? sok gampangnya liat aja dari ilustrasi di bawah ini, dipelajari baik-baik yaaa:

perbandingan bumi dengan planet lain

perbandingan bumi dengan planet yang lebih besar

perbandingan bumi dengan matahari..aih leutik amat!

perbandingan matahari dengan bintang lainnya

perbandingan matahari dengan bintang lainnya yang gede-gede. Oh NOOO!! Antares yang gede begitu ternyata cuma bintang yang gedenya urutan ke-15 sejagad raya! kebayang yang urutannya nomer 1 segede kumaha? itu juga yang baru diketahui sama manusia, yang belum diketahui? bisa jadi super-duper big lagi.

Hmmm..berarti kita teh ya sebenernya cuma seiprit, secuil kayak korong dari jagad raya enih. Emang ga pantes ya kalo kita-kita teh suka ngerendahin makhluk lain padahal kita sendiri ge kecil. Makanya ibu-ibu bapa-bapa jangan sombong atuhlah, inget kata teteh piera, "orang sombong mati gosong!"

0 comments:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...