Theme Preview Rss

Dixie Chicks

Ceritanya si oncom ditanya : lu suka blabalabala (nyebutin band jazz yang gua ga tau) ga com??
Gua jawab : gak
penanya : Masa sih? emang lu ga suka jazz?
gua jawab : bukan ga suka, ga nyambung! ga ngerti!ihihihihi..
penanya : Ah payah lo! gak bermusikalitas tinggi
Gua : iya emang, let's fun together let's fun together *nyanyi lagu bang ridho roma

Ho-oh taun-taun ini teh kayaknya taun-taun berjaya buat jazz ama blues. Tapi, ah buat ratu oncom yang lemah musik ini taun-taun berjaya buat country heyaaa ngiha ngihaaa..mun denger apalagi suara toweeewww toweeewnya itu loh, bikin hati tambah galau! adoohh..

Ahahahaha ya begitulah..Walaupun keur usum, keur heboh Java Jazz..walaupun dibilang lu gak bermusikalitas tinggi kalo ga seneng jazz, ah abdi mah angger ngadenge' Dixie Chicks! Da gimana atuh kalo gak nyambung mah gak nyambung aja, walau sedang trend, sedang keren-kerennya, tetep aja lah ya ga bisa dipaksa.

Olret..ngomongin country, siapa sih yang gak kenal sama Dixie Chicks? Sesuai namanya band ini beranggotakan cewek semua. Emily Erwin Robinson si pemegang gitar, banjo, dobro, bass, mandolin, accordion dan sitar. Martie Erwin Maguire si pemegang biola, mandolin, accoustic bass. Natalie Maines sang lead vocal yang kadang-kadang suka pegang gitar ama bass. Dari namanya kita tau si Emily ama Martie adalah sepasang adik-kakak.

Emily Robinson
Martie Maguire
Natalie Maines edaaan rambutnyeee..bikin iri!
Tadinya di grup ini anggota aslinya ada 2 orang adaik kakak itu ples Robin Lynn Macy sama Laura Lynch (kalo ga salah ada satu lagi tapi auk deh). Mereka gantian nyanyi sama main instrumen. Terus orang Robin ama Laura keluar, tinggal-lah Emily dan Martie. Habis itu masuk si Natalie yang ternyata suaranya cocok banget. Masuknya Natalie makin ngedongkrak popularitas Dixie Chicks.
Dixie Chicks jaman jadul ahaaayyy..
Hweebat yah..soalnya mereka-mereka ini pada multi-intruments (jago maen intrumen apa aja), nah gue aja dari dulu ampe sekarang kaga bisa-bisa tuh men gitar mana kalo nyanyi suarany alaaammmaaakk bagus banget!! ehehehehe. Tah ieu cewek-cewek udah mah alat musik dilahap, nyanyi juga okeh! Di band baru Court Yard Hounds yang isinya cuma 2 orang adik kakak itu, Emily selain merangkap instrument juga sebagai lead vocalnya.

Plus yang bikin hebat, mereka cewek-cewek bisa jadi ICON buat musik country Amrik. As you know, di Amrik sonoh yang katanya menjungjung tinggi hak asasi manusia dan kebebasan berkreasi, seorang cewek tuh susah banget buat jadi icon kecuali buat jadi icon yang berbau seksualitas. Hah ternyata Amrik mengenal bias gender juga yah..hohohohoho..


The Controversy

Ini nih yang bikin gue kasih jempol lagi yang banyak buat Dixie Chicks.
Kisah berawal dari tur mereka di Inggris taun 2003. Nah saat itu lagi gempar-gemparnya tuh Irak mau di serbu. Pas mau main lagu Travelin' Soldier, Natalie sang vokalis yang asalnya dari Texas (sama kayak Bush) dengan berani ngomong begini :

"Just so you know, we’re on the good side with y’all. We do not want this war, this violence, and we’re ashamed that the President of the United States is from Texas."
kira-kira artinya begini :

"Asal Anda tahu, kami berada di sisi baik dengan kalian. Kami tidak ingin perang ini, kekerasan ini, dan kami malu bahwa Presiden Amerika Serikat dari Texas."

Beuh edan gila! Akhirnya ada juga orang Amrik yang gak buta!Hmm nasionalis sih boleh, tapi jangan ampe kebablasan. Bayangin ngomongin gue malu punya presiden di negara lain dengan gagah berani, dan itu keluar dari mulut seorang cewek! wuiiih!!

Habis itu media langsung gerak manas-manasin, langsung rakyat Amrik  meledak. Ceunah mah Dixie Chicks bukan dari Amrik, kaga ada rasa nasionalis acan. terus di boikot. Akhirnya trio ini kabur ke Inggris.

Habis Bush mau lengser, akhirnya mereka pulang kampung, en Natalie langsung deh bikin lagu soal kontroversi yang diciptainnya ini.Tuh liat videonya yang di bawah.


Akhirnya setelah penyerbuan Irak banyak juga korban dari pihak Amrik itu sendiri, anggaran banyak kepake yang bikin ekonomi mereka anjlok kayak sekarang. Baru deh tuh rakyat Amrik pada nyadar sendiri. Iya juga ya, iya ya..dasar bloon ehehehehe..

"American people were so good in judging people than themselves". kata salah seorang warganya. Ah gua rasa sih bukan American people aja, Indonesian people juga, Malaysian people juga, Zimbabwe people juga..gua rasa sih semua orang begitu.

Simak juga liriknya :
Forgive, sounds good
Forget, I'm not sure I could
They say time heals everything
But I'm still waiting

I'm through with doubt
There's nothing left for me to figure out
I've paid a price
And I'll keep paying

I'm not ready to make nice
I'm not ready to back down
I'm still mad as hell and
I don't have time to go round and round and round
It's too late to make it right
I probably wouldn't if I could
'Cause I'm mad as hell
Can't bring myself to do what it is you think I should

I know you said
Can't you just get over it
It turned my whole world around
And I kind of like it

0 comments:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...